Mengatasi Permasalahan Missing Font

Peringatan Missing font seringkali muncul ketika file yang dibuka terdapat unsur font yang belum terinstal pada system. Permasalahan ini sering dijumpai pada dunia desain dan percetakan dimana pelanggan/customer tidak menyertakan master font yang digunakan untuk membuat desain yang akan dicetak/edit.


Akibat yang ditimbulkan dari missing font adalah teks yang tidak sesuai dan berantakan karena sistem akan secara otomatis mengkonversi font yang tidak dikenal menjadi font standar yang ada di sistem. Tentunya ini menjadi masalah tersendiri bagi pelanggan maupun pihak percetakan karena desain yang sudah dibuat akan mengalami perubahan format font. Selain itu juga akan memperlambat proses yang seharusnya dapat dikerjakan lebih cepat tapi terkendala dengan adanya masalah missing font.


Pertanyaan umum yang sering muncul berkaitan dengan hal ini adalah kenapa bisa muncul peringatan missing font? Dan Bagaimana cara mengatasi masalah missing font?. Bagi yang sudah mahir dalam dunia desain mungkin ini sudah hal biasa. Tetapi berbeda dengan mereka yang baru mulai mencoba berkreasi dalam dunia desain dan percetakan.


Untuk mengatasi permasalahan missing font, Jhana Acrylic Creation mempunyai dua solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut.


Menyertakan Master Font


Menyertakan master font sangat diperlukan ketika desain yang dibuat menggunakan jenis font tambahan diluar system windows atau program desain. Font custom/tambahan biasanya diperoleh dari situs penyedia font.


Untuk menyertakan master font, langkah pertama yang harus diketahui adalah jenis font yang digunakan. Jika sudah mengetahui bisa langsung download di situs penyedia font atau jika sudah menyimpan masternya bisa langsung disertakan saat mengirim desain yang menggunakan font tersebut. Untuk diketahui, format font biasanya berextensi .ttf .


Outline Stroke


Istilah outline stroke adalah istilah Adobe Illustrator yang digunakan untuk mengubah format text menjadi format qurva. Untuk mengubah font menjadi qurva cukup dengan seleksi font > klik kanan > pilih outline stroke di adobe illustrator atau seleksi font > ctrl+q di Corel Draw. Font yang sudah di convert tidak akan berubah sekalipun desain dipindah ke tempat yang tidak terinstal font.


Dari kedua langkah diatas dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Dalam hal ini penulis lebih menyarankan menggunakan cara kedua karena paling simple dan tidak memerlukan master font untuk disertakan.


Jhana Acrylic Creations



 

Newsletter

Jadilah orang pertama yang mendapatkan info produk terbaru, dan promo dari kami.

Daftarkan email anda untuk mendapatkan info dan penawaran menarik lainnya.

 

Testimonial

sesuai design banget, thankful

 
Lishe